Kamis, 07 Oktober 2010

Memaksimalkan Foto dengan Kamera Hp


Apakah memotret dengan kamera handphone merupakan bagian dari fotografi? jawabannya iya. Karena fotografi itu sendiri tidak ada yang mengharuskan untuk memakai kamera yang canggih, namun dengan perangkat yang kita punyai dapat di gunakan secara maksimal. Memang kalau kita ingin menghasilkan foto yang bagus dengan setingan-setingan tertentu kita memerlukan kamera yang minimal memiliki fitur yang lengkap, namun demikian apa yang kita punya itulah yang harus kita berdayakan.


Kamera hp memang memiliki fitur yang terbatas dibandingkan dengan kamera-kamera digital apalagi jika dibandingkan dengan kamera SLR. bagi seorang fotografer pemula, teknik dasar memotret dengan handphone dapat di jadikan alat pembelajaran untuk memaksimalkan kemampuan mengeksplorasi gambar. Jangan malu dengan perangkat yang kita punya. Jeprat jepret saja sesukanya, sampai pada tingkat tertentu kita akan menemukan hasil dan celah yang dapat di gunakan untuk hasil foto yang kita inginkan. Tentu saja dengan metode dan hasil sekelas handphone kita tidak bisa berharap banyak.

Perkembangan teknologi handphone saat ini yang selalu disertai dengan kamera memang sudah membanjiri pasaran. TInggal seberapa besar mega pixel yang disediakan oleh masing-masing handphone.
Berikut adalah tips untuk memotret dengan kamera handphone agar mendapatkan hasil yang maksimal :
1. Menggunakan Resolusi yang Tinggi
    perbedaan kamera handphone dengan kamera digital biasanya terletak pada resolusi yang lebih rendah. untuk meraih hasil yang maksimal, gunakan resolusi yang tinggi, memang resikonya memory handphone akan cepat penuh, namun dengan resolusi yang tinggi, gambar yang dihasilkan juga tidak sepecah jika dengan resolusi rendah.

2. Menyesuaikan arah cahaya
    Untuk memotret dengan handphone memerlukan teknik tersendiri dalam pencahayaan. Melawan arah cahaya akan membuat hasil foto yang gelap, namun dengan mengambil titik arah berbalik arah datangnya cahaya maka akan menghasilkan foto yang terang.

3. Setting kamera sebelum memotret
Sebelum memotret perlu untuk menseting kamera yang akan digunakan. Usahakan untuk menyesuaikan objek yang akan kita potret.
- Close up : merupakan mode untuk memotret objek yang dekat kira-kira 50-60cm
- sport    : untuk objek bergerak, gunakan mode ini
- Auto : untuk lebih aman, biasanya mode auto akan di gunakan disetiap keadaan

 4. Berdiri dengan kokoh
artinya jangan buru-buru untuk melihat hasilnya, karena ketika memotret, respone kamera hp lebih rendah dibanding dengna kamera digital biasa, sehingga ketika terjadi gesekan atau goyangan, gambar yang dihasilkan akan bergoyang.

Masih banyak tip yang perlu di eksplore untuk meraih hasil yang maksimal dengan kamera hp, namun jangan berkecil hati, tetaplah mencoba, karena fotografer handal, dasarnya juga dari pengalaman yang diraihnya.

Selamat mencoba.
berikut adalah contoh foto yang dihasilkan dari kamera handphone dengan kapasitas 3 mega pixel;

 Puncak di waktu sore dalam keadaan berkabut
 salah satu sudut kota malang di waktu malam...
 daerah Batu , Malang - Jawa Timur dalam keadaan hujan
 Menikmati malam di kota Malang
 Pemandangan jatinangor dari atas bukit
 Pemandangan Jatinangor dari atas bukit 

Gambar berikut adalah foto close up dengan menggunakan kamera hp dengan kapasitas 1,2 MP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar